Destinasi Wisata Desa Sukanagara

 


wartamudacom-GARUT, Desa Sukanagara adalah salah satu dari 5 desa yang melakukan pemekaran kawasan, Desa Sukanagara disahkan atau diresmikan pada tahun 2005, langsung oleh Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman. Desa Sukanagara terkenal atas pertanian dan peternakannya yang cukup baik, karena mayoritas pekerjaan masyarakat di desa sukanagara sebagai petani dan peternak. Baik itu dari pertanian Padi , Gula Aren, Kapulaga maupun peternakan Domba Adu Asli Garut.


Bukan hanya tentang pertanian dan peternakan, desa sukanagara juga memiliki potensi destinasi wisata alam yang sedang di kembangkan yaitu Ranca Gede dan Tenjo Laut. Ranca Gede merupakan situ atau danau yang menyerupai seperti Situ Bagendit dengan pemandangan yang sangat indah, Ranca Gede terletak di tengah - tengah pegunungan dan pesawahan Desa Sukanagara, dengan luas danau kurang lebih 20 hektar dan kedalaman kurang lebih 10 meter , Ranca Gede di jadikan destinasi wisata alam yang sedang di kembangkan oleh pemerintah desa sukanagara, karena memiliki potensi yang sangat baik bagi alam maupun bagi manusia.

Ranca Gede juga sudah ditebari benih ikan sebanyak 100ribu benih, oleh Wakil Bupati Garut, dr. H. helmi Budiman ketika kunjungan ke desa sukanagara. Selain Ranca Gede, ada juga panorama alam lainnya yang tak kalah indah di desa sukanagara yaitu Tenjo Laut.


Tenjo Laut merupakan salah satu tempat dataran tinggi yang berada di kawasan desa sukanagara, yang memiliki ketinggian kurang lebih 1.500 MDPL, dengan pemandangan pegunungan dan pesawahan yang sangat indah, Tenjo Laut artinya "Melihat Laut" jadi kita bisa melihat secara langsung pemandangan pantai selatan yaitu pantai cibalong pameungpeuk.


Di Tenjo Laut juga ada tempat "pangangonan" yang bisa di artikan sebagai tempat "Penggembala", karena di dataran tinggi Tenjo laut terdapat lahan yang cukup luas dan terdapat kerbau - kerbau yang di lepas liarkan oleh warga desa sukanagara.

Perjalanan dari kota Garut ke kawasan pendeuy kecamatan singajaya, dimana Desa Sukanagara berada bisa menempuh waktu kurang lebih 5 jam menggunakan transportasi umun elf, maupun transportasi pribadi kendaraan roda empat atau roda dua.


Adapun tarif transportasi umum dari kota Garut ke kawasan pendeuy singajaya sekitar 30ribu. Sebagai informasi tambahan desa sukanagara juga merupakan salah satu pemasok domba garut terbaik untuk mengikuti ajang pemecahan rekor MURI Indonesia. 

(Penulis: Muhammad Anka Adira Putra)

Posting Komentar

0 Komentar