wartamudacomm - Diantara banyaknya jenis tanaman obat yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar salah satu tanaman obat yang harus kita jaga dan di budidayakan adalah tanaman/pohon Telang. Jenis tanaman yang satu ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan sebagai pengobatan herbal dengan menggunakan metode tradisional. Beberapa manfaat yang harus kamu ketahui mengenai jenis tanaman obat yang satu ini diantaranya: 

✓ Meningkatkan kekebalan tubuh 

✓Mengatasi gejala depresi 

✓Menjaga kesehatan otak

✓Menurunkan resiko penyakit jantung 

✓Mengatur diabetes 

✓Mengatasi insomnia

✓Merawat kesehatan kulit 

✓Mempertahankan kesehatan mata

✓Mengatasi masalah pernapasan

✓Menjaga kesehatan pencernaan 

dan masih banyak manfaat lainnya dari bunga telang ini, dan tentunya kandunga yang harus kamu ketahui yang terdapat dalam Bunga Telang ini diantaranya: 


Bunga telang mengandung senyawa anthocyanin yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan penuaan. Mereka juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di mata dan memperbaiki penglihatan.

Senyawa flavonoid dan saponin dalam bunga telang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Mereka memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.

Bunga telang mengandung senyawa serotonin, yang dikenal sebagai “hormon kebahagiaan”. Serotonin membantu meningkatkan suasana hati dan mengatasi gejala depresi. Namun, penting untuk dicatat bahwa untuk mengatasi depresi yang serius, diperlukan perawatan medis yang tepat.

Senyawa anthocyanin dalam bunga tersebut memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan. Ini dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Flavonoid dan saponin dalam ini memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Mereka dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Senyawa antosianin pada bunganya membantu mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk pengelolaan yang tepat bagi penderita diabetes.

Membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat. Mereka juga dapat membantu mengurangi inflamasi kulit dan mencegah penuaan dini. 

Serotonin yang terkandung dalam bunga telang memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengatasi masalah insomnia serta meningkatkan kualitas tidur. Konsumsi teh bunga telang sebelum tidur dapat memberikan efek menenangkan.

Flavonoid dan saponin dalam bunga telang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan, meningkatkan mobilitas usus, dan mengurangi peradangan di saluran pencernaan. Hal ini dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis. Senyawa tersebut dapat membantu mengurangi peradangan saluran pernapasan dan memperluas bronkus, sehingga memudahkan pernapasan.


Jadi jika ada tanaman obat yang seperti ini (Pohon Bunga Telang) jangan abaikan apalagi di tebas buang, cari tahu terlebih dahulu informasinya, tentu juga manfaatya. Jika masih ragu dan perlu informasi tambahan lainnya langsung saja jelajahi halaman www.wartamuda.com "Inspirasi Berawal Dari Kamu" 


Tim Reporter Lapangan: 

Ipan Setiawan 

Desi Puspita

Khoirun nisa 


Referensi: Faperta-UMSU