wartamudacomm - Dalam rangka mendukung gerakan semangat membaca dan menulis dikalangan pelajar SMP dan sederajat, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah Kabupaten Garut yang berkolaborasi bersama wartamudacomm sebagai community partners menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Menulis Kreatif dan Podcast 4.0. 

Kegiatan yang diselenggarakan diruang kelas MtsN 1 Garut pada tanggal 19 Juni 2023 ini memiliki tujuan dalam menggerakan semangat berkolaborasi dan bersinergi antara pelajar, sekolah, kedinasan, komunitas, dan semua jajaran yang turut serta dalam gerakan literasi digital, sehingga visi dan misi tercapainya dari semua lini (pentahelix) bisa terwujud secara bersama-sama. 

Program unggulan dalam pelatihan ini mengedepankan mengenai tutorial dan pelatihan menulis kreatif seperti puisi dan cerpen, tak sedikit juga diulas mengenai penulisan kreatif lainnya. Ratna Ayu Budiarti (Penulis Perempuan Jawa Barat) sebagai narasumber pada pelatihan menulis ini memaparkan bahwa "Jangan pernah takut untuk memulai menulis, jika ada ide langsung tuliskan saja tanpa berpikir panjang" dan tentunya ide yang bagus itu langsung ditulis dan diaplikasikan dengan narasi. 

Dan pada hari kedua pelatihan yang dilaksanakan mengulas tentang Podcast, sebagai media penunjang dalam publikasi dan informasi di era 4.0, sehingga semua informasi yang terdapat di Sekolah bisa langsung dipublikasikan dalam bentuk podcast. Narasumber di hari kedua disampaikan oleh Ipan Setiawan (jangipan - Blogger Garut) mengulas tentang peran penting teknologi informasi sebagai penunjang edukasi dikalangan pelajar dan Komunitas. Dan tentunya sentuhan teknologi salah satunya media publikasi kategori podacast sangat diserbu oleh kalangan milenial saat ini dalam mencari informasi apapun. 

Harapan terbesar setelah terselanggarakannya kegiatan ini bisa menjadi barometer dan percontohan bagi pelajar lainnya khususnya di Kabupaten Garut, serta umumnya di seluruh Nusantara untuk lebih peka dan melek terhadap perkembangan informasi berbasis digital. 


Salam Literasi