Dok. Dispusip Kab.Garut/Kang Hilman

Garut, wartamuda.com - Forum Perangkat Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab.  Garut yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Lt.2 Dispusip pada tanggal 19 Maret 2024 dalam rangka penyusunan RKPD Kab. Garut Tahun 2025. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Garut, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Garut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Garut, Bapak Dr. H. Budi Suhardiman, M. Pd., Bapak Zaki Munawar, Ketua Duta Baca, Ketua wartamudacomm, Ikatan Pustakawan Indonesia, Bapak Warjita, Ketua Bumi Literasi Perempuan, Ketua GLN Gareulis Kab. Garut, Para Kasubag dan Subkoordinator Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Garut, Para Fungsional Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Garut, Para Fungsional Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Garut. 
Dok. Dispusip Kab. Garut/Kang Hilman

Pembahasan utama pada forum ini mengendepankan mengenai pelayanan, pengadaan, dan pencarian naskah kuno serta restorasi dalam pemeliharaan setiap koleksi yang terdapat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Garut, beberapa topik yang disampaikan oleh setiap bidang diantaranya Perencanaan program kegiatan bidang pembinaan perpustakaan yang meliputi pengelolaan perpustakaan terdiri dari peningkatan kapasitas perpustakaan dan pustakawan, pengelolaan & pengembangan  bahan pustaka, pengembangan & pemeliharaan layanan perpustakaan elektronik, dan pengembangan perpustakaan rujukan. 

Pembudayaan Gemar Membaca yang meliputi sosialisasi budaya baca & literasi pada satuan pendidikan dasar, pendidikan khusus serta masyarakat, dan pengembangan literasi berbasis inklusi sosial. Peningkatan kapasitas tenaga perpustakaan & pustakawan, kegiatan ini meliputi pembinaan terhadap tenaga perpustakaan dan pustakawan yang dilakukan secara langsung petugas mendatangi beberapa perpustakaan di daerah (perpustakaan desa/kelurahan, perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi, perpustakaan khusus dan taman baca masyarakat). 

Penyelenggaraan bimbingan teknis secara kolektif terhadap tenaga perpustakaan dan pustakawan mengenai pengelolaan perpustakaan. Pengelolaan dan pengembangan bahan pustaka, kegiatan ini meliputi belanja modal buku perpustakaan, pengolahan koleksi bahan pustaka, serta pemeliharaan dengan fumigasi. Pengelolaan dan pengembangan bahan pustaka, kerusakan bahan pustaka akibat serangga, buku berlubang, lapuk, rusak dan tidak bisa digunakan lagi. 

Guna mencegah dan membasmi wabah akibat serangga tersebut diperlukan suatu cara sehingga penggunaan bahan pustaka lebih awet, sehingga akan menghemat anggaran dan mengurangi proses pelapukan. Pengembangan dan pemeliharaan layanan perpustakaan elektronik (e-book) kegiatan ini meliputi penyediaan koleksi buku elektronik yang dibutuhkan.