Program Magang Elektronika MAN 1 Garut 

Dalam rangka memenuhi tugas dan penilaian siswa MAN 1 Garut program keahlian jurusan Teknik Elektronika yang sedang menyelenggarakan kegiatan MAGANG/Prakerin (Praktik Kerja Industri) di JAFA Group, mengikuti rangkaian kegiatan MAKRAB yang diselenggarakan di Kampung Dukuh Kecamatan Cikelet Pamengpeuk Kab. Garut. 

Kegiatan MAKRAB ini diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka memperkenalkan jurusan masing-masing kepada masyarakat setempat, selain itu juga supaya memperkuat antar tim dalam menyelenggarakan program prakerin berlangsung dengan saling mengenal satu sama lainnya, tentunya menanamkan pola pikir serta pendidikan karakter dan kebudayaan yang tertanam di lingkungan masyarakat. 


Tempat yang pertamakali dikunjungi selama menempuh perjalanan Garut-Pamengpeuk adalah kawasan perkebunan teh dan monumen miniatur gedung sate di Giriawas Cikajang Garut, materi pertama yang dilakukan dilokasi ini adalah mengenal karakter satu persatu antar tim, lalu dilanjutkan kembali dengan mengolah lokasi setempat diantarnya dengan menggali informasi kearifan lokal yang terdapat di wilayah miniatur Gedung Sate Giriawas Cikajang Garut. 


Untuk Rute perjalanan berikutnya kami menepi sejenak dikawasan Cipangramatan, tepatnya disini ada salah satu destinasi wisata alam yaitu Batu Patapaan, walaupun agak sulit untuk menempuhnya dan harus menaklukan jalanan yang terjal, namun kami sukses sampai ke Puncak Batu Patapaannya. Perjalanan kedua ini kami menggunakan materi sebagai tadabur alam. Dan tentunya lebih mengenal akan potensi lingkungan di kawasan Garut Selatan. 
Dan akhirnya setelah melewati dan mengikuti rangkaian rute selama diperjalanan, Kami pun tiba di lokasi kegiatan utama yaitu di Kampung Dukuh Pamengpeuk Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Selama dilokasi Kegiatan, kami bermukim di Homestay Ibu Jijoh, dan tentunya kami mendapatkan sambutan serta pelayanan yang sangat ramah, seperti keluarga sendiri. 
Hal pertama yang kami lakukan setelah sampai ke homestay langsung bergegas membagi tugas dalam memasak dan menyiapkan hal-hal yang menjadi kebutuhan selama program berlangsung, kerjasama antar tim langsung bergerak cepat hingga dalam waktu yang tepat kami sudah menyiapkan berbagai kebutuhan tanpa ada yang terlewatkan. Alhamdulillah, hari pertama kami melakukan program berjalan dengan baik. 
Namun, pada saat kami mau melakukan kegiatan berikutnya, salah satu motor dari tim kami ada yang trouble bannya, dari sini pun materi MAKRAB langsung bisa diterapkan secara refleks, yaitu membangun kekompakan dan saling bantu. Setelah menemukan solusi, kami melanjutkan perjalanan ke Salah satu Destinasi Wisata Pantai Karangpapak, sebagai materi pengenalan kunjungan dan program jurusan kepada masyarakat sekitar. 

Kegiatan di hari pertama ini kami lakukan sebagai observasi lingkungan dan potensi masyakarat disekitar Kampung Dukuh dan Pantai Karangpapak, mengenai penggunaan sistem elektronika (barang elektronik) dan bagaimana cara penanganan bilamana ada salahsatu sistem dari barang elektronik itu mengalami trouble. Nah, disinilah materi observasi mengenai peluang dan strategi tempat untuk membangun serta menciptakan peluang dalam bidang ke-Elektronikaan. 

Setelah observasi lapangan dilakukan, kami menikmati penghujung hari dengan suasana pantai yang indah serta pemandangan senja yang menampakan dengan segala keindahannya. Dan setelah selesai dari Kawasan Pantai Karangpapak, lalu kami melajutkan perjalanan kembali ke homestay utama sembari kebutuhan perlengkapan masak dan makan malamnya. Dan akhirnya kami memutuskan untuk mengolah ayam goreng/bakar, cumi-cumi, dan bumbu-bumbu pelengkap lainnya. 

Baru sampai setengah perjalanan kembali ke homestay, kami mengantar terlebih dahulu pemandu jalan (pemuda lokal: kang arul) membawa salah satu paket di kawasan Alun-Alun Cikelet, disela-sela kami sedang ngobrol berkerumun dipinggir jalan, ada salahsatu Ibu yang menanyakan keberadaan kami "dari mana?" Mau Kemana? Dalam Rangka apa? Sekolah dari mana? beberapa pertanyaan lainya. 

Dan ternyata Ibu yang menghampiri kami itu beliau adalah istrinya Bapak Lurah Cikelet, setelah kami panjang lebar ngobrol dan memperkenalkan program kami, alhamdulillah responnya positif, dan Kami pun berpamitan untuk melanjutkan perjalanan. 

Disetiap perjalanan dan pertemuan pastinya selalu ada kejadian unik dan lucu, sekaligus menggemaskan. Sesampainya di homestay, awalnya kami mau mengadakan kegiatan lanjutan "Jurit Malam" namun waktu dan keadaan tak menghendaki, hingga akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat. Dan pada malam itu pun suasana ruangan dalam keadaan gelap karena listriknya mati total beberapa jam. Hingga ada insiden, salah satu tim kami ada yang disengat lebah, Hingga suasana pun ramai dalam beberapa waktu untuk mengusir dan membasmi lebah. 

Dihari keduanya kami melanjutkan aktivitas dengan materi Jelajah Alam, pemetaan wilayah dengan menggunakan sistem teknologi informasi berbasis Andoid. Untuk menempuh perjalanan kedua pun kami didampingi oleh Pemuda Loka (kang Azis) untuk pemanduan jalan menuju Sungai dan Curug mini, kami berantusias untuk menklukan perjalanan. Walaupun diperjalanan menuju ke destinasi wisata alam mengalami beberapa rintangan, mulai dari jalan yang curam, masuk keantara semak-semak, dan hampir dikejar-kejar guk-guk (untuk perihal guk-guk: alhamdulillah aman) entah diusir oleh pawangnyaa atau ada magic dahsyat saat itu.đŸ˜…