Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Institute Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, menyelenggarakan program PAKEM x SABAR (Pengabdian Kepada Masyarakat dan Santunan Berkah Ramadan) 2024 dengan tema: "Meraih Kebermanfaatan di Bulan Penuh Keberkahan"

Sebagai salah satu program unggulan HIMADIKSASTRA yang dikemas dalam simulasi KKN (Kuliah Kerja Nyata) beberapa kegiatan terbaik akan diselenggarakan selama satu minggu kedepan, salah satunya program ramadhan Pesantren Kilat (Peskil) yang biasa dilaksanakan disetiap daerah, yang menjadi perbedaan dari acara ini adalah inovasi dari setiap kegiatan-kegiatannya. 


Sebut saja program pertama yang akan dilakukan adalah Program MAMAH (Mahasiswa Masuk Rumah), Zidan Olay (sapaan khas dari Mahasiswa yang memiliki nama Lengkap Moch Zidan Maulana) beliau menginformasikan bahwa setiap program yang akan berlangsung selama satu minggu kedepan adalah menciptakan kreativitas dari setiap mahasiswa, dan menggali potensi yang ada di Desa setempat. 

Adapun kegiatan PAKEM x SABAR 2024 ini diselenggarakan di Kp.Depok RT 01/RW02 Desa Sirnagalih Kec. Bayongbong, Kab. Garut, program simulasi KKN ini bisa dikatakan perdana di Kabupaten Garut yang diusung oleh Kampus Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, yang dipelopori oleh HIMADIKSASTRA. 


Keberangkatan program PAKEM x SABAR 2024 ini dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2024 titik poin keberangkatan di halaman kampus IPI Garut. Bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan setiap kegiatan dikemas dengan program-program islami, yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.